Wanita Hamil

Akurasi Cek Masa Subur dengan Ovutest

Terdapat beberapa cara untuk mengetahui masa subur atau masa ovulasi wanita sebagai tanda siap dibuahi dan kemudian bisa hamil dan melahirkan anak. Jika ingin akurat hasilnya maka lakukan Cek Masa Subur dengan Ovutest.

Cara Ketahui Masa Subur 

Masa subur bisa diketahui dengan menghitung secara manual dengan sistem perhitungan kalender yakni terhitung pada hari ke 13 dan hari ke 14 setelah masa haid atau masa datang bulan selesai. Meskipun cara manual tersebut agak kurang akurat. Apabila ingin hasil yang lebih tepat dan akurat maka bisa dilakukan tes masa subur dengan mempergunakan suatu alat tes kesuburan.

Apa itu Ovutest

Ovutest ialah suatu alat uji tes masa ovulasi atau masa subur, nama tepatnya ialah Ovutest Strip. Tingkat akurasi alat Ovutest Strip tersebut cukup tinggi, yakni mencapai hingga sekitar 99,9%. Jika apabila selama dua kali siklus haid dan masih tetap saja belum mendapat hasil yang positif maka sebaiknya segera melakukan konsultasikan ke dokter.

Waktu yang Tepat untuk Penggunaan Ovutest Strip

Guna mengetahui saat yang  tepat untuk menggunakannya maka tentukan terlebih dahulu siklus haidnya, yakni dengan menghitung jarak antara hari pertama menstruasi atau masa haidnya, hingga hari terakhir sebelum masa menstruasi atau haid yang berikutnya. Siklus menstruasi atau haid yang normal itu ialah berkisar antara 25 hari hingga 35 hari. Pada setiap satu kali siklus menstruasi atau haid maka seorang wanita subur akan mengalami saat ovulasi pada waktu 14 hari sebelum masa menstruasi atau haid yang berikutnya terjadi. Sedangkan apabila siklus menstruasi atau haidnya ialah 30 hari an, maka sebaiknya test masa suburnya dilakukan mulai pada hari yang ke 14 dan 3 hari berikut yang selanjutnya sampai diperoleh hasil yang positif. Apabila hasil Ovutest Strip nya terbaca positif, maka ovulasi tersebut akan terjadi sampai selama 24 jam berikutnya sebagai suatu masa subur nya.

Cara Pemakaian Ovutest Strip

Cara Memakai Ovutest Strip itu cukup praktis dan mudah, sebagai berikut.

Kumpulkan Media Tes berupa Urin

Sebagai media pengetesannya maka diperlukan adanya urin. Persiapkan wadah urin yang kering serta bersih, lalu kumpulkan urin yang keluar di siang hari sampai sore hari yakni sekitar pukul 10.00 pagi hingga pukul 20.00 malam. Janganlah gunakan urin yang pertama-tama keluar pada saat di pagi hari. Perlu juga sebelum melakukan test, agar mulai mengurangi minum, yakni selama sekitar 2 jam sebelum ovu test dilakukan. Dengan demikian maka diharapkan hasil test dengan mempergunakan Ovutest Strip tersebut bisa menjadi lebih akurat dan dapat diandalkan.

Celupkan Ovu Strip pada Urin

Lalu celupkan ujung ovu strip pada cairan urinnya. Perlu diusahakan agar strip tidak melebihi garis batas dengan tulisan MAX di stripnya. Selanjutnya diamkan sekitar selama 35 detik.

Hasil Test Ovu Strip

Jika Hasil test berupa dua garis maka itu valid, kalau hanya muncul 1 garis maka itu tidak valid. Hasil yang positif jika muncul 2 garis merah pada control band serta test band, yang ada di sebelah kiri. Hasil yang negatif kalau yang nampak hanya 1 garis merah pada control band

Jika tidak ada garis maka hasilnya itu tidak valid juga.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *